9 cara mengatasi jingling

Cara mengatasi jingling banyak dicari para Blogger. Karena jingling adalah kunjungan yang tidak diharapkan. Meskipun banyak cara yang diberikan Blogger lain dari melalui robot.txt sampai cloudflare. Itu yang sering muncul dipencarian dan disarankan Blogger sampai semua Blog isinya itu semua. Di sini anda menemukan cara berbeda dari saya. Saya menggunakan cara menolak jingling berdasarkan saran dari saran Google yang saya pahami.

Apa Yang Dimaksud Dengan Jingling?

Pengertian jingling dari saya agar mudah dipahami oleh rekan-rekan Blogger, jingling itu adalah situs yang dapat mengirimkan kunjungan palsu ke Blog. Jadi tidak ada manfaatnya punya Blog dan menulis artikel susah payah dan yang lihat bukan manusia. Biasanya jingling digunakan oleh Blogger yang iri dengan blog lain. Apakah jingling bisa dicegah? Jawabnya bisa, kita ikuti saran dari Googgle biar lebih bagusnya.

Contoh Jingling

Anda bisa melihatnya di statistik blog anda. Jika terdapat kunjungan dari alamat situs atau blog dalam jumlah banyak. Maka blog anda bisa dikatakan terkena jingling. Tapi anda bisa melakukan cara menolak jingling di sini.

Dampak Jingling Terhadap Blog Kita

Membuat statistik Blog tidak terlihat bagus
Blog tidak dilihat orang tapi robot
Jika punya adsense maka akan mengakibatkan adsense kena pembatasan atau dibanned
Tapi anda tidak perlu khawatir, karena Jingling tidak mampu merusak SEO yang dimiliki Blog. Hanya saja kita butuh pencegahan agar Blog kita semakin baik lagi. Selain itu mungkin yang terasa dampaknya apabila Blog punya iklan Adsense. Tenang saja karena di sini akan tersedia lengkap solusi mengatasi jingling. 

Apa Isi Saran Google Menghadapi Jingling?

Berikut isi kutipan dari bantuan Google:
Jika menemukan adanya tindakan manual terhadap situs Anda yang disebabkan link tidak wajar ke situs, atau jika Anda merasa akan mendapatkan tindakan manual tersebut (karena link berbayar atau skema link lain yang melanggar pedoman kualitas kami), Anda harus menghapus link tersebut dari situs lain. Jika tidak dapat menghapus link ini, Anda harus menolak link tersebut dari situs Anda.

Anda bisa baca langsung di halaman bantuan google untuk selengkapnya. 

Bagaimana Cara Menolak Jingling Untuk Mengatasinya?

Menurut saya berdasarkan kutipan di atas sudah cukup menjelaskan bahwa jingling itu adalah tindakan manual dilakukan oleh orang melalui situs jingling untuk memberikan kunjungan otomatis yang tidak wajar. Pihak google sendiri mengatakan ini melanggar pedoman kualitas kami. Dan Google menyarankan menghapus link blog anda dari situs jingling. Tapi karena orang lain yang melakukannya. Bukan anda maka tidak dapat menghapus link anda di situs jingling. Kemudian Google memberikan solusi kedua yaitu menolak link tersebut dari situs anda. Jadi saya menggunakan fitur tolak link dari pihak Google untuk mengatasi jingling.

1. Cloudflare Untuk Menolak Bot Jingling

Blogger Igniel pernah mempublikasikannya bahwa jingling bisa diblokir di media sosialnya dengan menggunakan Cloudflare. Untuk menggunakannya anda cuma menghubungkan domain Blog anda dengan menyamakan Nameserver di Cloudflare. Pilih menu Firewall, buat blokir bot dan kasih nama. Selesai. Hanya saja saat anda ingin submit artikel baru di google harus dimatikan dulu fitur ini. Lalu nyalakan lagi kalau sudah.

2. Robots.txt Tolak Jingling Yang Dipakai Blogger Lama

Saya mengambil contoh dari punya helmy. Dulu dia pernah bikin para blogger marah karena melaporkan blog yang membahas tema sugeng ke dmca. Blogger ramai-ramai membalasnya dengan jingling. Hebatnya blog dia seperti tidak mempan dan adsensenya masih sehat. Jadi saya coba lihat robots.txt blognya dan bisa anda pakai juga:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.jaya-s.com/sitemap.xml

3. Lazy Load Adsense Anti Jingling

menggunakan script lazy load adsense menurut saya ampuh menolak jingling untuk bikin banned adsense. Karena saat bot jingling datang, iklan adsense masih tidur atau tidak tayang. Harus digulir dulu baru tayang. Dan gulir ini hanya bisa dilakukan oleh manusia dan bot jingling tidak bisa. Seperti itu pengetahuan saya.
Yang perlu anda lakukan adalah menggunakan Lazy Load Adsense untuk mengamankan Adsense anda dari Jingling. Langkah ini perlu anda lakukan jika tidak ingin Adsense anda terkena pembatasan dan lebih parahnya dibanned. Dunia perninjaan Blog anda akan usai. Caranya sudah saya siapkan dalam perpustakaan jutsu-jutsu Blogger. Jutsu Lazy Load Adsense Atasi Jingling.

4. Script Tolak Jingling

Bukan tolak angin ya. Script ini mungkin ampuh. Saya lihat blog mastimon gak pakai lazy load adsense tapi iklan adsense nya masih tayang. Sama seperti punya Helmy yang tidak pakai Lazy Load Adsense kayak Igniel. Saya curiga pasti ada caranya jadi tahan Jingling dan ini mungkin salah satunya. Bisa juga kalian terapkan di Blog anda, berikut scriptnya:
<script>
//<![CDATA[ var allow =[‘google’,’facebook’,’bing’,’yandex’,’yahoo’,’geevv’,'(tambahkan yang lain boleh)’, dst]; //Sumber lalu lintas yang di izinkan untuk mengakses Blog
var valid = false;if(!document.referrer==”){
for(var i =allow.length; i–;){ if(document.referrer.toLowerCase().includes(allow[i].toLowerCase())){
valid = true;break;}}
if(valid==false){window.location =document.referrer; //Arahkan ke Web Jingling jika tidak sesuai dengan sumber lalu lintas diatas}}//]]></script>

5. Melaporkan Situs Jingling

Adalah usaha untuk memusnahkan blog jingling. Karena saya lihat blog jingling yang lama tidak dipakai lahgi oleh tukang jingling dan sepertinya tidak ada lagi dan hanya blog jingling baru. Bisa dikatakan laporan begini berguna.
BACA JUGA
Asal Usul Mending Rakit PC
6 Langkah Menggunakan Teknik JEO Pilihan Untuk Muncul di Google Selain SEO dan REO
Bermain Dengan Menggunakan Blog Dalam Persaingan SEO
6. Jangan Posting Di grup Blogger Facebook
Di sana banyak member yang iri. Bahkan blogger senior saja sudah tidak pernah posting di sini. Sebaiknya bila Blog anda ada Adsennya lebih baik jangan dulu. Kalau Blog seperti saya sudah tahan banting. Saya menggunakan semua cara yang ada dan yang utama cara yang saya temukan, pada cara yang kedelapan nanti.

7. Jangan Pansos di grup blogger facebook

Kalau kamu cari perhatian dan bikin kesal member di sana. Nanti member di sana ada yang kurang kerjaan banget, menyelidiki blog yang kamu punya. Terbukti dari member di sana yang kena jingling walaupun tidak membagikannya.

8. Kunci Blog Sementara Agar Jingling Berhenti

Kalau blog anda mulai diserang jingling. Anda bisa kunci sementara. Diamkan beberapa hari. Jangan pansos di medsos. Anggap saja puasa medsos. Karena jingling itu dilakukan manual oleh manusia maka mereka tidak akan menyadari jika blog dibuka kembali kalau sudah di diamkan beberapa hari.

9. Disvalow Link Cara Ampuh Menolak Jingling

Kalau cara ini disarankan oleh google untuk menolak kunjungan link luar yang tidak diinginkan.
Bagaimana Menggunakan Cara Tolak Link Dari Jingling?
Tolak link dari google biasanya dikenal tolak backlink dan oleh Blogger sering disebut disfollow. Kalau saya menyebutnya segel tolak jingling. Kebetulan saya penggemar Anime Naruto.


Berikut Cara Mengatasi Dengan Menolak Jingling di Blog :
  1. Jadi langkah pertama yang perlu anda lakukan. Ambil dulu daftar link situs jingling yang sudah saya kumpulkan dan terus akan saya tambah.
  2. Langkah kedua, anda kunjungi halaman tolak link Google.
  3. Langkah ketiga, anda pilih situs anda.
  4. Langkah terakhir anda upload atau masukan daftar link situs jingling yang anda ambil tadi.
  5. Selesai, walaupun hasilnya tidak langsung dapat dirasakan tapi nanti akan bisa terasa.

Kenapa Situs Saya Tidak Ada Di Fitur Tolak Link Google?

Ini adalah masalah yang sama saya alami dan ternyata Blogger lain juga mengalaminya. Tapi tidak perlu risau atau pun galau. Karena saya sudah temukan solusinya. Solusinya adalah dengan cara verifikasi blog anda di webmaster. Tapi pilih yang awalan Url. Setelah itu anda coba kembali kunjungi halaman tolak Link Google. Pasti situs anda ada di sana.

Cara Tolak Link ini sudah cukup bagus. Tapi jika blog anda punya iklan adsense yang tampil maka belum cukup untuk menggunakan cara ini. Anda perlu memberikan tambahan sistem keamanan berlapis lagi.

Manfaat Menolak Jingling

Bila anda sudah melakukan langkah cara dalam menolak link untuk mengatasi jingling maka anda tidak perlu khawatir. Hasilnya memang tidak bisa langsung terlihat. Tapi seiring berjalannya waktu situs jingling tersebut tidak ada lagi di statistik Blog anda. Meskipun nanti situs jingling itu kembali dipergunakan untuk menyerang situs anda itu tidak akan berhasil. Dan blog anda masih akan tetap disukai Google dengan bukti blog anda masih bisa muncul di halaman Google jika pos anda menggunakan SEO yang baik.

Peringatan

Bagi yang menyalin tulisan ini secara keseluruhan untuk bisa menyaingi postingan di blog saya jaya-s.com tentang cara menolak jingling yang ampuh, anda hanyalah sampah yang tidak berguna. Bisa dikatakan anda tidak punya kemampuan merangkai kata hingga SEO sepertiku. Aki juga tidak yakin postinganmu bisa melampaui posisi blogku.

Kesimpulan

Jadi demikian tutorial mengatasi jingling dengan cara menolak jingling. Sehingga blog anda akan tetap dipandang baik oleh googgle penelusuran.
Asy'ari
Asy'ari Halo, nama saya Achmad Asy'ari. Saya CEO di website ini

2 comments for "9 cara mengatasi jingling"

Post a Comment